Isu Etnis Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Isu Etnis Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

  • Karakteristik yang melekat pada setiap etnis senantiasa mempengaruhi bidang pekerjaan yang dijalankannya. Etnis tertentu mendominasi beberapa bidang pekerjaan dan terdapat etnis lainnya yang menjadi minoritas pada beberapa bidang pekerjaan. Contoh kasus pada etnis Batak dan Minangkabau menunjukan aplikasi dari karakteristik yang melekat pada etnis tersebut. Faktor penyebab dominansi etnis ini pada bidang pekerjaan sebagai pengacara dan pedagang adalah latar belakang dari adat dan budaya daerah.
  • Namun beberapa kasus menunjukan bahwa etnis minoritas di suatu wilayah justru dapat berkembang bahkan memimpin etnis lainnya dengan baik dan sukses. Seperti pada kasus etnis Jawa di Sumatera Utara, Sunda di Militer Indonesia dan Tionghoa di Jakarta.
  • Tingkat kedewasaan dan juga penerimaan masyarakat yang menjunjung persatuan menjadikan semua anak bangsa dimana berada bisa berhasil mendapatkan tempat dan perhatian masyakarat sekitar, ini menjadi barometer persatuan dan kesatuan bangsa diantara keragamaan dominasi putra daerah atau kesukuan disuatu daerah.